Jumat, 16 November 2012

CARA NEMBAK WIFI JARAK JAUH

 Di sini saya akan berbagi pengalaman cara untuk mengakses internet hotspot yang no password alias tidak di proteksi oleh pemilik hotspot.Biasanya fasilitas hotspot ini ada di Cafe,hotel,mall atau tempat-tempat yang biasanya sering di kunjungi oleh kalangan menengah keatas.

Langsung saja....!

Kebetulan saya bertempat tinggal di dekat sebuah Vila (tidak saya sebutkan namanya),disitu terdapat fasilitas hotspot yang mungkin diperuntukan untuk tamu2 yang menginap di villa itu.Kebetulan juga fasilitas hotspot itu tidak di proteksi alias gratis dipakai untuk siapa saja.Tapi sayangnya,pancaran dari hotspot tersebut terbatas.Mungkin cuma sampai di dalam pagar villa itu.di luar pagar (pekarangan) dari villa itu sinyal hampir tidak ada.Mungkin pemilik villa juga mikir bagaimana caranya agar hotspot tidak digunakan untuk orang diluar villa (orang yang kebetulan lewat).Jarak rumah saya dengan Villa itu sekitar 2 km.Yah....lumayan jauh kan? tp,itu semua saya anggap dekat karna saya masih bisa menikmati internet gratis dari villa itu.

Untuk dapat mendapatkan sinyal dari jarak yang cukup jauh itu,mustahil untuk laptop/PC dengan antena internal dapat mendapatkan sinyal dari hotspot tersebut.Diluar pagar vila saja sudah nggak ada sinyalnya

Walaupun Judul dari blog ini Cara Nembak wifi jarak jauh,bukan berarti tinggal duduk manis dan akan mendapatkan sinyal wifi gratis.Anda harus sedikit mengeluarkan modal untuk membeli sebuah "Acces Point".Apa itu Acces Point? bagi anda yang masih awam di dunia wifi,mungkin belum faham apa itu Acces Point.Acces Point adalah sebuah alat yang digunakan untuk koneksi data antar komputer menggunakan koneksi wireles atau tanpa kabel.model AP (acces point) bermacam-macam sesuai jarak pancaran yang diinginkan.Disini saya menggunakan sebuah AP yang ber merk TP-LINK TL-WA5210G



Dismping harganya murah,anda tidak perlu menambah antena external lagi karna AP ini sudah dilengkapi dengan antena internal yang cukup handal.Selain dari itu,AP ini juga dibungkus oleh plastik keras yang tahan panas dan hujan karna natinya alat ini akan dipasang di luar rumah.

berapa harga alat ini?
Kebetulan saya membeli AP itu seharga.400rb.
ditambah kabel UTP/LAN panjang 15meter seharga 45rb.
dan tiang antena berbahan pipa besi panjang 10meter seharga 200rb.
Total biaya yang dikeluarkan adalah 645rb.
Dengan Modal awal 645rb anda sudah bisa menikmati internet gratis selamanya.

Menurut pengalaman saya,jarak 2km saya masih mendapatkan sinyal dari sumber hotspot.dengan tinggi antena 10meter.

427 komentar:

  1. saya punya neh barang begini sama persis cuma saya masih bingung memakainya,dan juga untuk wifi rumahan apa bisa di pake nembak ke wifi tsb make barang ini,,

    BalasHapus
  2. Jadi untuk hasil menembak wifi jarak jauh gimana itu mas.

    BalasHapus
  3. Tolong petunjuk instalasinya juga donk. soalnya saya sudah membeli TP-LINK TL-WA5210G tapi setelah di setting masih belum bisa connect ke internet.

    BalasHapus
  4. INSTALASI TP LINK 5210G :
    Pertama, Agan2 harus tau klo ntu barang bs di jadiin AP, repeater (pengulang gelombang wifi) atau brigde. Dalam kasus di atas, kita mau ntu 5210G jadi repeater. Caranya:
    1. Hubungkan kabel LAN ke 5210G dan pangkalnya ke PoE (kotak putih kecil). PoE (power of ethernet) terdiri atas 3 soket: yang ditulis PoE, hubungkan dengan kabel dari 5210G, sedangkan yg satunya lagi (LAN) hubungkan dengan komputer/laptop Agan. soket terakhir, buat adaptor ntu alat. Nyalain.
    2. Buka komputer /laptop Agan dan konfigurasi dulu IP-nya di "Network and Sharing Center", atau Menu Start, control panel, view network and internet, change adaptor setting. Klik LAN, trus pada properties, klik IP versi 4. Pilih "use the following IP address. Ketik "192.168.1.200", dan subnetnya 255.255.255.0. Klik OK.
    3. Buka Modzilla atau Google crome, pada menu addressnya ketik "192.168.1.254". Bawaan pabrik, 5210 ntu name "admin" dan password "admin". login de...
    4. klik aja wireless, wireless mode, lalu klik survey. Agan dapat liat jaringan apa aj yg tersedia. Pilihlah wifi yg gratis. Klik "save".
    4. 5210G udh jadi repeater dan Agan siap untuk browsing dan googling!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tertarik ne ama 5210G.
      Jadi Gan, gak perlu disambung ke modem ya?
      Cuma perlu "menangkap" jaringan yg ada dan di-save?
      (maaf Gan, soale kurang ngerti yang beginian....? he he heh....

      Hapus
  5. kalo PoE nya dijua satu paket sama reapeternya gan?

    BalasHapus
  6. bisa ga itu AP kita nikmatin sendiri ? jadi orang lain yg rumahnya deket ama kita ga bisa nikmatin wifi jarak jauh dari AP kita

    BalasHapus
  7. Tentu bisa, Gan. Tapi settingnya harus klien, bukan repeater atau universal repeater! TP Link 5210G ini dijual komplit, tinggal pake, Gan.

    BalasHapus
  8. GAn, gmn cranya kalau kt mau instalasi radio AP pd server dgn jarak jauh,..! yg mana radio AP tersebut telahh memiliki IP tersendiri,..kebetulan saya adalah pengusaha hotspot, tp ketergantungans saya ada sama teknisi,..! dan tdk mau ngajarin caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instalasi Radio AP: sama caranya dengan ulasan saya diatas, gan. Cuma, dibedakan pada fungsinya aja. Klw untuk agan, klik aja Acces Point bukan repeater. Masalah IP, agan harus punya catatan sendiri. Saya juga buka usaha yg sama. Jangan nggantung pada teknisi, bisa ribet. Klw agan mau mulai dari awal, reset aja radionya. Trus kasi IP seperti : 192.168. X.X. Yang "X" , agan bisa kasi nomor 2 sampai 254.

      Hapus
  9. dan satu lagi ini gan, apasih perbedaan antara refeater dengan universal refeater,..
    seumpamnya saya telah instalasi radio AP dengan mode refetaer, dan selanjutnya saya mau nambahin lg satu radio ap dengan arah yg sama dengan titik yg sama, maka mode apakah lg yg harus digunakan,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Repeater dan universal repeater pada dasarnya sama aja, gan. Tapi klw untuk usaha jaringan, agan pake yang universal aja.

      Hapus
    2. Gan, AP dgn repeater itu beda jauh. AP itu cuma untuk di BTSnya aja. Jadi gak mungkin radio AP dikasi mode repeater, bisa gak mancar signal tu. Tapi, dari BTS, agan bisa tambahkan AP lagi ke arah yg berbeda (kecuali klo agan pake antena omni Hyperlink). googling jaringan wifi, gan!

      Hapus
  10. Balasan
    1. Ini yg menarik. antena yg paling jauh jangkauannya adl grid, gan. itu juga trgantung pada LOS (line of sight). Klo banyak gedung dan pohon, jaraknya bisa sangat pendek. tapi klo bebas hambatan, antena grid bisa nembus jarak 20 KM, gan. Kecuali agan bersenang hati buat beli radio produk Norweg, pesan dari korea dgn harga 8 jt, agan bisa nembus 40 KM. Atau klo masih mau jg, agan gunakan sistem point to point. Dari BTS ke yg 1 mil itu, agan tmbah beberapa brigde. Emang agak ribet dan mahal, gan. Tapi emang bgtulh konseknya. Apalagi klo BTS pake Speedy, bisa2 gak nyambung total tu.

      Hapus
  11. kalau jarak Sekitar 300 meter gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tembus, bisa tidak, Gan. Bisa tembus kalau :
      1. Signal dari BTSnya cukup kuat. (Kalau signal Speedy, tergantung tempatnya. Beberapa daerah di Indonesia punya serius problem dengan kekuatan signal speedynya)
      2. Range antara BTS dengan radio penerima (TP Link 5210G) tidak terdapat hutan atau gedung-gedung tinggi). Sebab pepohonan dan tembok akan menjadi peredam gelombang wifi.
      3. Agan menggunakan radio penerima (repeater yang berseri N, dengan gelombang radio 2,4 GHz. Kalau agan menggunakan TP Link 5210G, radio ini masih menggunakan signal SISO (single in single out) tapi kalau signal MIMO (multi in, multi out) pohon, beton dan genteng bukan penghalangnya (browsing antena MIMO di Google, Gan), kecuali bukit atau gunung.

      Hapus
    2. Pengalaman saya, jarak 600 m, dengan hutan akasia dan danau buatan, radio 5210G bisa tembus, Gan!

      Hapus
  12. kalau wifinya itu dikasih password dan kita ngerti passwordnya,apa bisa gan kita tembak dgn TP Link 5210G

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. mas bro kalo yg ini sama aja kan ya? TL-WA7210N ane lihat udah 150Mbps Outdoor Wireless Access Point, keliatannya lebih bagus, tolong dibantu ya, mau coba ni hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara teori, 7210N memang lebih baik dan lebih cepat berbanding 5210G. Namun perlu kita cermati dulu bahwa masing-masing bekerja pada pita/gelombang yang berbeda. 7210N yang memiliki speed 150Mbps bekerja pada gelombang 5,8 GHz, sedangkan 5210G yang memiliki speed 54Mbps bekerja pada gelombang 2,4 GHz. Jika signal internet yang mau kita gunakan adalah produk Telkom, yaitu Speedy, maka agan tidak bisa menggunakan 7210N. Sebaliknya, 7210N bisa kita gunakan pada signal internet milik Indosat.

      Hapus
    2. Infonya amat berguna Gan,
      rencana mo beli 7210N ternyata gak bisa tuk Speedy.
      Mo nanya ne gan, repeter seri N yg cocok tuk speedy ?
      thanks sebelumnya

      Hapus
    3. 5210G sebenarnya sudah sangat cepat jika dibandingkan dengan modem GSM, Gan. Sekarang Agan pastikan dulu mau beli seri -N itu buat apa? Kalau halangannya tidak terlalu berat, mending pake yang seri G aja, Gan. Lebih irit. Lagi pula kalau seri -N yang lebih mahal itu dipake buat repeaternya Speedy, percuma Gan. Soalnya signal speedy masih dibawah speed rata-rata. Tapi kalau Agan mau juga yang seri N, NSM2 NanoStationM2 MIMO Ubiquiti sudah memadai. Atau produk lainnya, silakan Agan googling dengan kata "antena wifi outdoor MIMO 2,4 GHz", banyak pilihannya Gan!

      Hapus
    4. oke Gan, makasi infonya.
      Sebenarnya cuma mau dijadikan repeter dari rumah ane ke rumah ortu dgn jarak sekitar 300-an meter tapi terhalang bangunan tkt 4.
      Dgn halangan gedung seperti itu, kira kira pake 5210G bisa tembus gak ya? atau mungkin ada saran lain Gan ?
      thanks.

      Hapus
    5. Tebus atau tidaknya, hanya dapat kita tentukan dengan survey langsung, Gan. Tembus juga belum tentu baik kekuatan gelombangnya. Misalkan ketika Agan sudah pasang alat, survey, terus tembus 6 dB, waaah...! Nyesel Agan nantinya. Tapi kalau mau yakin, Agan pasang aja radio dengan tekhnologi MIMO, yakin tembus.

      Hapus
    6. Untuk Menyangga yang punya komentar"

      """" Secara teori, 7210N memang lebih baik dan lebih cepat berbanding 5210G. Namun perlu kita cermati dulu bahwa masing-masing bekerja pada pita/gelombang yang berbeda. 7210N yang memiliki speed 150Mbps bekerja pada gelombang 5,8 GHz, sedangkan 5210G yang memiliki speed 54Mbps bekerja pada gelombang 2,4 GHz. Jika signal internet yang mau kita gunakan adalah produk Telkom, yaitu Speedy, maka agan tidak bisa menggunakan 7210N. Sebaliknya, 7210N bisa kita gunakan pada signal internet milik Indosat."""


      Saya Tidak sependapat dengan anda., 7210N itu bekerja bukan pada gelombang 5.8GHz, Tetapi bekerja pada gelombang 2.4GHz, AP merk Tp-Link yang bekerja pada gelombang 5.8GHz. itu ADALAH 7510N. harap saudara croscek Kembali Tulisan anda. dan semua Perangkan, bisa di gunakan pada akses mana pun, baik speedy, indosat, dan seluru lainnya, sebab, Wireles itu hanya sebagai jembatan penghantar data atau lainnya yang di tumpangkan melalui gelombang kemudian di transmisikan sampai ke tujuan di terimah klient dengan Gelombang yang sama.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Terima kasih atas kritik Agan. Maaf, jika saya keliru bahwa yang bekerja pada gelombang 5 GHz adalah benar seri TL-WA7510N.

      Dan Agan benar bahwa semua perangkat dapat bekerja pada akses manapun. Namun perlu kita garis bawahi bahwa tidak semua PC dapat menerima signal yang dipancarkan pada pita 5 GHz. Produsen PC telah memproduksi 2 tipe PC yang bekerja pada 2 pita yang berbeda pula.
      Kemudian, secara umum, bahwa konsumen Indonesia lebih banyak dan lebih familiar dengan gelombang 2 GHz, yang menyebabkan padatnya aktifitas pada pita 2,4 GHz dan sekaligus memicu peggunaan pita 5 GHz yang memang baru sehingga belum banyak dikenal masyarakat.

      Konteks pembicaraan di sini, adalah Juragan RoniDoankh yang bermaksud untuk mengulang signal nirkabel speedy dari rumah orang tuanya. Bukankah speedy juga bekerja pada gelombang 2,4 GHz?

      Lalu berdasarkan pengalaman saya, bahwa radio 7510N yang sudah terkoneksi dengan LAN speedy, tidak dapat terbaca signalnya oleh 4 PC yang berbeda. Terlebih jika 7510N kita gunakan untuk merepeat signal yang dipancarkan oleh TP Link W8951ND, maka tidak akan terdeteksi sama sekali.

      Jadi, meskipun pita 5GHz lebih baik dan lebih sepi daripada pita 2,4 GHz, saya lebih senang merekomendasikan pada masyarakat umum penggunaan pita 2,4 GHz.


      Hapus
  15. mas firman, saya udah beli perangkat2 yg dibutuhin, kmrn ane coba untuk nembak wifi.id pakai 5210g, tanpa antena eksternal, ane udah ikutin step2 untuk jadi client, tp kenapa ga bisa ya? emang sinyalnya kecil sih, mas kalo berkenan ane udah add FBnya, tolong dibantu ya.. thx2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan kasi berapa IP-nya? terus mau nembak jaringan model apa?
      Kalau Agan mau me-repeat speedy, maka sebaiknya radio diganti IP dengan:
      192.168.1.10, atau 192.168.1.253. Terserah Aganlah. Yang penting enam angka yang didepan tidak diubah dan dicatat IP-nya biar tidak lupa.
      5210G buka sampul, Agan harus setting dari BASIC SETTING, pilih AP, lalu SAVE.
      Kemudian pada menu WIRELESS, Agan klik WIRELESS MODE, lalu klik UNIVERSAL REPEATER, lalu klik SURVEY. Sampai di sini Agan lihat nama jaringan yang ingin agan tembak.
      Kalau ada, silakan Agan klik CONNECT lalu SAVE. Sampai di situ udah ada kemajuan?

      Hapus
  16. oke mas firman, ane kasih IPnya 192.168.1.2 subnet mask 255.255.255.0 default gateway 192.168.1.254, sampe sini ane trus buka browser ane untuk setting 5210G,
    pas masuk ke adminnya, lalu ane quick setup, ane set ke AP client - dynamic IP - SSID gak ane rubah.. kemudian ane masuk ke Wireless Mode, trus ane survey dan ane pilih @wifi.id (sinyal 1bar), save.
    lalu ane masuk ke Network>wan, ane centang use these DNS server, (ane pakai dns google)
    lalu ane buka DHCP>dhcp setting, ane disablekan dhcp servernya
    sampe sini udah setup ane, terus ane otomatiskan lagi IP addressnya (dikosongin gitu dari yg atas)
    sampe sini seharusnya ane udah konek ya? begini yang ane lihat di tutorial blog sebelah sama video tutorial di YT.
    sebelumnya diotomatiskan IPnya, ane lihat di status TP link, masih obtaining IP address.
    bisa bantu mas firman?
    kalao sudah konek kan biasanya ane langsung di-direct ke alamat login wifi.id mas hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,... Maaf, Gan. Kalau untuk repeater, agan tidak perlu masukkan subnet atau DNS. Apalagi harus setting DHCP. Begini, gan:
      1. Agan ganti IP-nya, bertujuan agar org iseng tidak dapat mengutak-atik radio agan. Soalnya IP standar radio itu adalah 192.168.1.254 dengan nama dan sandinya "admin".
      2. Setelah agan ganti IP-nya, radio akan otomatis me-reboot.
      3. Setelah muncul halaman pertama radio itu (sayang blog ini tidak dapat melampirkan gambar), agan klik OPERATION MODE, lalu klik AP, lalu SAVE.
      4. Radio re-boot lagi dan kembali ke halaman pertamanya. Agan klik WIRELESS, lalu WIRELESS MODE, dan klik UNIVERSAL REPEATER. Selanjutnya agan klik SURVEY.
      5. Ketemu dengan signal yang agan inginkan, klik SAVE.
      6. Tunggu beberapa saat dan radio agan udah bisa tersambung ke internet.

      Tambahan gan.
      1. Setahu saya, @wifi.id adalah signal milik Telkom yang sebenarnya tidak gratis. Kita harus membeli vaucher untuk dapat loging dengan halaman itu.
      2. Agan boleh tidak mengganti IP, asalkan PASSWORD-nya agan ganti, agar tidak diutak-atik org iseng.
      3. Mengenai DNS, subnet dan sebagainya, tidak usah disetting. Sebab radio agan akan menyesuaikan dengan gelombang dari induknya. Pada kasus agan, kesalahannya adalah agan mengganti DNS, subnet dan DHCPnya tu.
      4. Kalau agan mau mensetting dari awal, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dari halaman utama, lalu klik RESTORE FACTORY SETTIng, atau dengan menekan-tahan knop reset yang terdapat pada bagian bawah radio.

      Hapus
    2. IP-yang agan kasi dan subnetnya udah bagus tu.

      Hapus
    3. oke kalao IP dan subnetnya udah pas, berarti ane tinggal ganti IP biar ga diutak-atik orang lain? caranya lewat TP link admin setelah masuk yg belakangnya 254 (karena set awalnya begini) bukan gan?
      mungkin karena sinyal terlalu kecil ya mas???
      apa tanda kalo kita udah konek mas? apa statusnya tulisan conected seperti di dial up?
      trus kalo sudah keliatan konek, apa IP settingnya kita kosongkan lg gan? thx :D

      Hapus
    4. Ya, kalau udah tersambung, LAN akan tertulis "connected". Terus, kalau sudah begitu, tinggal keluar aja dari halaman pertama/statusnya, gak usah diutak-atik lagi. Semoga berhasil, ya!

      Hapus
    5. Oh, ya! Mengenai signal, ketika agan survey, usahakan yang ingin agan repeat adalah wifi yang minimal memiliki kekuatan 20 dB. Lebih baik lagi kalau 33 dB ke atas. Tapi kalau cuma -2 dB sampai 9 dB, sebaiknya tidak usah. Sebab nantinya kecepatan transfer dan receive data on line bisa lebih lelet dari modem GSM yang abis pulsa, hehehehe....!

      Hapus
    6. thx mas penjelasannya, ane sekarang udah bisa internetan, ..hehehe!!!! sukses selalu mas..

      Hapus
    7. untuk mas firman dan khususnya mas freng qy yg sdh bisa conect ke @wifi.id mohon bantuannya punya sy selalu Limited Accses

      Hapus
    8. mas firman tau gak berapa dB hardware yang di gunakan @wifi.id?

      Hapus
  17. Halo Gan,
    mo nanya ne, mengenai modem, boleh ya.....?
    Begini gan, aku pakai modem TP LINK TD-8817, lancar tanpa masalah.
    Hanya penasaran aja, apa sih kegunaan colokan kabel USB yg ada di belakang modem terserbut? Kalau di PC kan jelas, misalnya untuk usb card reader, usb wireless router dll... Nah, kalo yg ada di belakang modem itu untuk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo jg, gan! gmn dgn settingan radio yang kemarin? Tekhnologi yang berkembang cukup pesat terkadang kita juga kewalahan untuk mengikutinya. Seperti saat ini, modem router 8817 milik TP Link sudah menyediakan port USB untuk mempermudah kegunaannya. Adapun fungsi port tersebut adalah sebagai remote untuk banyak hal, seperti printer, kamera CCTV dan lain sebagainya seperti inisial depannya, yaitu USB yang berarti Universal/umum. Jadi kalau misalkan agan punya printer yang masih bersistem manual (seperti IP 2700), agan bisa mencolokkan ke modem tersebut, dengan tujuan agar bisa mencetak tanpa kabel, atau dari jarak jauh. Atau untuk CCTV. Ketika CCTV agan terhubung ke modem atau on line, maka agan dapat melihat rekaman on line dari kota, bahkan negara yang berbeda.

      Hapus
  18. Ok Gan, thanks atas infonya.
    5210G dah beli 2 buah tapi blon sempat di-test.
    ntar deh tak kabari lagi....

    BalasHapus
  19. gan,, ane baru beli tp link tl mr 3220 v2 , tapi ane tidak bisa konek ke wifi (AP)
    apakah ane harus pasang antena,, klw pasang antena,, antena apa yang harus di pasang,,
    soal nya gan ,, wifi gratis di pusat kota gan,, lebih kurang 10 km dari rumah ane,, luman cukup jauh gan, hehhe,,

    mohon bantuan nya gan,,, hheh,,
    tanks,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, perasaan barang itu bukan radio, tapi modem router. Modem router cuma untuk me-route jaringan telkom agar dapat akses internet. Kalau pun itu adalah router, maka harus terhubung dengan kabel LAN. Maksudnya, kalau agan punya jaringan speedy di rumah, tapi karena rumah agan besar dan brtingkat sehingga di lantai atas ngga ketangkap signal internetnya, maka agan boleh menggunakannya dengan cara memasang barang roter di lantai atas, asal ada kabel LAN yang trhubung ke router.

      Hapus
    2. Kalo untuk menjangkau radius 10KM, anada cukup membeli antena Grid 2.4Ghz 24Db dan AP Ubiquity Bullet2HP. (jika pemanarnya mengunakan gelombang 2.4 GHz, Tetapi kalo sumber pemancarkany mengunakan gelombang 5.8GHz. saudara bisa membeli Antena GRID 5.8Ghz 30Db dan Akses point Bullet5HP. Bisa tembus 15KM

      Hapus
    3. TL-MR3220 itu sebuah wireless. bisa di gunakan sebagai AP, dan juga bisa sebagai Klient. bisa juga di pasangkan dengan MODEM USB.
      Hanya saja Untuk perangkat TL-MR3220, memiliki daya kecil di bawa 20DBm.
      kelebihan modem ini. pancarannya bisa di teima pada modem UBS 3G/4G.

      Hapus
    4. Gan, untuk jarak 10 km saya tidak rekomendasikan agan buat jaringan nirkabel, sebab resiko gagal terlalu besar. Sehebat apapun perangkat kita, tetap saja kita harus perhitungkan rintangannya seperti hutan, gunung, bukit gedung-gedung. Apalagi dengan pita 2,4 GHz. Pengalaman saya dengan grid TP LInk TL ANT2424B sebagai AP dan repeater, jarak 5 km tidak mendapatkan signal yang memuaskan.

      Tapi jika agan setengah memaksa, coba periksa dulu titik BTS dengan titik repeater dengan GPS, periksa ketinggian tower ( browse di www.mikrotik.com tetang tinggi ideal tower pemancar dan penerima).

      1 hal lagi, Gan. "Semua alat atau perangkat pasti bilang paling hebat...." Jadi, jangan sampai agan tekor belakangan hari.

      Hapus
  20. sore mas firman.....mohon bantuannya , aku dah pasang speedy, kemudian, ku mo buat hotspot biar bsa t akses dari kiosku yg berjarak sekitar 300m, aku dah beli TPLink TL-WA7210N, cara ngesetnya gimana ya....maaf soalnya q awam...trims sebelumnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang, Gan. Secara umum :
      1. setting radio 5210. 5110 dan 7210 relatif sama
      2. Internet Protocol (IP) Speedy adalah 192.168.1.1

      Untuk agan yang masih awal, tentu agan harus konfigurasi modem dan radionya dulu, yaitu:
      1. Pastikan pada modem Speedy agan, yang dipilih adalah PPoA/PPoE. (Agan bisa melihatnya dengan cara mengetik di address bar Mozilla/Google Crome : 192.168.1.1 Lalu agan diminta mengisi Name dan password-nya. yaitu admin-admin.
      2. Agan harus punya 2 buah radio 7210 itu untuk kita fungsikan sebagai Access Point (AP) dan satu lagi sebagai Repeater.
      3. Jika agan ingin memasang radio itu, tentu agan butuh tiang besi 2 batang, kabel UTP atau kabel LAN secukupnya, misalkan 30 meter.

      Kalau semuanya sudah tersedia, sebaiknya kita chatting lewat facebook aja, biar saya bantu dari jauh langkah demi langkah. Bagaimana?

      Hapus
  21. Gan , ane mau nanya nihh , dirumah ane kena wifi speedy instan@wifi.id , tapi itu cuma 2 bar aja signalnya isi tanda seru , nah apa itu bisa ya di tembak gt wifi nya ? cara nembak nya itu pake TP-LINK TL-WA5210G perlu antenna grid lagi ga ? oya , setelah kita nerima signal dr wifi yg ditembak , nanti TP-LINK TL-WA5210G ini nerusin signal nya ke kita berupa signal wifi lg kan ya ? apa harus dicolok kabel lan le laptop ato pc baru bisa dipakai? maaf banyak tanya , masih awam ane ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Signal yang berlebel tanda seru (!) adalah signal yang memang tidak diberi kata sandi, Gan. Tapi, kalo yang labelnya instan@wifi.id atau Speedy@id atau @wifi, adalah signal titipan atau produk telkom yang dipasangkan pada modem pelanggannya. Kita bisa menggunakannya jika kita sudah MEMBELI VOUCHER untuk loging. Artinya, meskipun tidak berkata sandi, namun signal itu tidak gratis, Gan.

      Secara umum, signal yang keluar dari modem Speedy dapat diakses melalui stasiun yang memang memiliki fasilitas wifi, misalkan android, komputer jinjing, backberry, dan sebagainya. Radio 5210G berfungsi untuk memperluas cakupan signal tersebut. Jadi, yang namanya wireless (nirkabel, Indonesia), adalah signal yang tidak perlu menggunakan kabel, gan.

      Saran saya, jangan nembak signal instan@wifi.id, Gan. Meskipun Agan beli vouchernya, tetap aja bisa bikin agan kesel. Soalnya, signal itu akan hilang kalo pelanggan telkom yang punya modem tersebut mematikan modem routernya.

      Hapus
  22. maaf gan nannya lagi tapi saya masih bingung banget kebetulan dikos2an saya berdekatan dengan kantor saya dan saya mau ngambil hotspot di kantor saya pak apakah pakai alat ini jga bisa ngambil hotspotan dan saya mau sendiri untuk memakai wifi tersebut soal y wifi y di beri password untuk masuk y pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Gan. Tapi, kalo Agan berjarak cuma puluhan meter saja dari kantor. Jika jaraknya lebih dari 100 meter, maka agan harus menggunakan 2 buah radio 5210G ini. 1 buah dijadikan Access Point (AP) di kantor, semetara 1 lagi dijadikan repeater di kos-kosan Agan. Untuk pemakaian sendiri, radio yang di kos-kosan Agan di setting Client aja, biar aman dari campur tangan pihak lain.

      Kalau masalah password, itu bisa diatur. Misalkan Agan mau tidak pake password, tapi cuma agan sendiri yang pake, juga bisa. Yang penting diaktifkan MAC FILTERING-nya. Biar radio cuma kenal PC Agan aja.

      Hapus
  23. nahh asyik nih
    kebetulan ada kampus sekitar 1km dkat rumah, sinyal wifi indo*** nya bisa buat wifi an.
    rumah ke BTS kampus sih gak LOS trhalang pohon n rumah 2 tingkat juga.
    nah gimana caranya supaya itu sinyal super wifi bs terendus sampe rumah saya? hehe jd nih android bs wifi an di rumah. hehehe :p

    mohon dibantu yah om.

    BalasHapus
  24. Gan, yang memperluas signal di kampus tu, pake apa? Yang indoor atau outdoor? Terus, pake kata sandi, ga? Kalo pake, agan harus tau dulu sandinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa pake radio ruckus dan teman2nya gan. filtering mac address berdasarkan USIM kartu hengpon aja. jadi selama itu USIM milik *sat, yah bisa free WiFi.

      Hapus
  25. Mas,, aq mau tanya.. nama saya agung
    Saya kan sudah beli tp link TL-WA5210
    Terus tujuan saya saya mau nembak wifi dr bandara,, kan rumah saya deket bandara,, deket komplek perumahan bandara, disitu biasax saya gak pake AP uda dapet wifi tp sinyal dikit
    Saya mau ambiL wifi itu pake acces point mas,, terus mau aq pake d rumahQ wifinya.
    Saya pake ip 192.168.1.2
    Subnet 255.255.255.0
    Gateway 192.168.1.254
    Operation mode aq pilih AP
    Wireless terus wireless mode aq pilih universal mode
    Terus aq klik survey
    Terus aq pilih ada yg 44 db wifinya
    Aq pilih aq save aq refresh tapi kq gak bisa ya mas masian wifix.
    Tp wifi itu ada passwordx
    Cmn saya tau passwordx,, kLo gt gmn saya isa ambiL wifix pake AP saya mas,, mas saya uda add facebook mas,, kalo bisa saya minta no hp buat pencerahan mas.
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan yang baik, tidak semua wifi dapat kita repeat dengan radio. Apalagi jika signal wifi itu diberi password atau signal wifi dengan sistem terbuka (tidak diberi password). Apabila signal yang berpassword itu dipasang dengan MAC FILTERING, maka Agan juga tidak dapat merepeat signal tersebut.

      TP Link 5210G, memiliki fasilitas MAC FILTERING tersebut. Hal ini berfungsi untuk menyaring stasiun2 mana saja yang boleh mengakses internet melalui radio itu. Jadi, MAC FILTERING berfungsi untuk mengenalkan radio pada stasiun2 yang alamat MAC-nya didaftarkan di radio. Apalagi jika pemilik radio men-DENY MAC stasiun yang tidak terdaftar, maka Agan juga tidak bisa mengakses internetnya.

      Kesimpulan akhir : Jika Agan berniat untuk merepeat satu signal wifi, maka pastikan dulu bahwa signal tersebut memang terbuka untuk umum dan dapat direpeat (diperpanjang) dengan radio lain.

      JANGAN MEREPEAT : 1. Signal berpengaman (diberi password)
      2. Signal @wifi.id, speedy.instant@wifi.id, dsb

      Hapus
  26. bisa ga merepeat signal dari modem wifi standar bawaan telkom dari jarak 500M -1 KM pakai TP link 5210G. trma ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Agan Wawan. Dengan 2 buah radio 5210G-nya. Yg 1 kita connect dengan LAN modem dan disetting AP, yang satu lagi kita jadikan repeater. Kalo LOS nya payah, barangklai kita bisa siasati dengan :
      1. Menjoinkan 5210G dengan Grid
      2. Menggunakan radio selain TP Link, misalkan MIMO atau Ubiquity.

      Hapus
    2. MaksudQ di sisi client/user nembak dari jarak 500m-1km pakai radio TP link 5210G, tp di sisi Speedy nya cuma modem wifi standar telkom gak pke radio tambahan,,, bisa gak? :D

      Hapus
  27. agan mau tanya juga neh....
    law mikrotik bisa lebih jauh dibandingkan dengan tp-link gk?
    20 km

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tpi klo jarak 20 km harus liat seri berapa dulu mikrotiknya. Sebaiknya pake yg berpita 5 Ghz aja, Gan.

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. gan, nanya banyak nih... maklum masih nubi di jaringan.
    Ane sudah beli 5210G, mau dikonek wifi ke rumah teman yg jarakx sekitar 150m. Wifi-nya dipassword, tapi ane tahu password-nya, MAC filter posisi off...
    prosedur agan sudah ane ikuti, setting 5210 ke repeater, trus survey, dapat signalnya, klik connect, dan restart.

    Habis tu, ane cari signal wifi di HP n laptop... kok gak ketemu ya signal wifi temen ane itu...
    kira2 salah dimana ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan masuk ke MAC FILTERING 5210G, terus masukkan passwordnya (Agan harus tahu tipe keamanan apa yg dipake empunya. Mungkin WEP,PSK, PSK2, dsb dan hal itu dapat dilihat dari signal PC Agan). Biasanya jaringan bersandi ini memang tidak dapat memunculkan signal nirkabelnya, Gan. Coba conneksi dengan LAN (hanya bisa lewat PC aja)

      Hapus
    2. ah.. jawabannya ngaco' bingitz....
      kata si Hery Sylvi "Habis tu, ane cari signal wifi di HP n laptop... kok gak ketemu ya signal wifi temen ane itu..."
      trs kata si admin "Biasanya jaringan bersandi ini memang tidak dapat memunculkan signal nirkabelnya, Gan. " ngaco...
      Sekedar masukan tuk ADMIN: 5210G kl di set repeater hanya bisa konek dgn pengaman WEB.. selain itu jangan harap bisa konek..
      Sekedar masukan tuk HERY SYLVI: itu artinya 5210G agan blm konek ke AP temen agan tu...

      Hapus
    3. Ya, yang ditanya HERY SYLVI "Mengapa belum bisa konek ke AP temen..."
      Lalu HERY SYLVI nanya lagi "Kira2 salah dimana ya????"
      Salahnya 5210g tidak dapat menembus signal berpassword.
      Kalau Agan IQIN bilang "5210G kl di set repeater hanya bisa konek dgn pengaman WEB.. selain itu jangan harap bisa konek"... Coba Agan periksa lgi la..!

      Hapus
  30. @ffirman ,, MaksudQ di sisi client/user nembak dari jarak 500m-1km pakai radio TP link 5210G, tp di sisi Speedy nya cuma modem wifi standar telkom gak pke radio tambahan,,, bisa gak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Agan ngotot juga, coba modem router Speedy-nya dipasang di atas tower. Kekuatan antena modem router itu setara dengan antena omnidirectional, Gan. Tapi kalo Agan mau pmemasangnya lewat kabel pigtail ke tower, maka kabel pigtailnya tidak boleh lebih dari 1 meter.

      Hapus
  31. mas firman boleh minta nomor telponnya mas,,,ada yang mau saya tanyakan ni mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita chat via inbox facebook aja, Gan. Soalnya ane rada-rada ribet dengan HP. Biasanya ane ke mana dan HP entah di mana. Facebook kelolaan ane "sdempatmeralbarat", Gan!

      Hapus
    2. Gan Firman, tu nama fbnya bener? kok gak nemu gak d FB

      Hapus
    3. Nama ane Berbagi ILMU Jaringan WIFI, atau SDempat Meralbarat, Gan.

      Hapus
  32. Mo nanya ne gan,
    kalo TL-WA5210G pada sisi Client, dihubungkan dengan
    TP-LINK Wireless Lite N Router WR740N, bisa gak?
    Gimana settingannya gan?
    thanks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi dalam jarak yang sangat dekat, kira-kira jaraknya sekitar 20-90 meter. Tapi untuk jarak di atas 100 meter akan sulit, Gan.
      Lagi pula penggabungan kedua perangkat tersebut sebenarnya merugikan. Sebab modem 740N memiliki kemampuan mengirim data 150 Megabit per detik. Sementara 5210G hanya mampu mentransfer 54 Megabit per detik. Dan 54 Megabit itu belum dipotong dengan interferensi dan cuaca seperti angin dan hujan. Sebaiknya ganti 5210G dengan 7210N, biar sama-sama klop.

      Hapus
  33. agan firman mau nanya nih kenapa @wifi id gak bisa di refeat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa direpeat, Gan. Cuma @wifi.id bukanlah signal gratis. Agan harus punya voucher untuk dapat menggunakannya. Terus signal itu dipancarkan lewat modem router seorang pelanggan telkom. Jika pelanggan tersebut mematikan modemnya, maka Agan tidak bisa terkoneksi ke internet. Malangnya, kalo Agan sedang mengunduh atau sedang chatting tiba-tiba signlanya padam, kesel ngga?

      Hapus
  34. Mas kalo dari rumah saya ke Kantor SD saya .. jaraknya kurang dari 500 meter.. ada halangan Pohon sama beberapa Rumah... kira2 bisa tidak ya mas...?? ni Alatnya TL-WA5210 g Baru datang kemarin.. blum saya Pasang rencana hari ini mau saya pasang... trimss..

    BalasHapus
  35. mas saya mau nembak wifi di hotel deket rumah saya yang jaraknya kira2 1,5 km tapi di depan rumah saya ada 2 pohon besar yang tingginya kira2 20 metr, itu ganggu gak? kasih sarannya mas. mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang tmbus cuma 1 : 100, Gan. Atau 10% lah!

      Hapus
  36. Gan ane dah beli tu router tl-wa5210g tapi kok lan ga mau nyala ya? Yg nyala cuman power aj, sy dah coba di windows 8.1 pertama ga mau, sy coba windows 7 jg ga mau, gmn sy setingnya kalau routernya ga di detect sama windows!! Sy dah install dan update driver ethernetnya blm jg bisa, trus di network connection ga kiatan ada "local area network" yang ada cuman wifi aj.. Gimana nih gan?? Apa laptop sy yg rusak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Led LAN tidak menyala karena Agan tidak menghubungkannya ke PC. Coba hubungkan kabel UTP (LAN) dari PoE LAN ke LAN PC.

      Hapus
  37. misi gan,numpang nanya kantor ane baru beli TP-LINK 5210G sperti punya agan,waktu menangkap sinyal di kantor wifi sebelah berhasil tetapi wifi tersebut memiliki kode(password) dan ane sudah di kasih tau passwordnya, permasalahannya adalah waktu ane mau connect di TP-LINK dari opsi "survey" lalu di save terus memasukkan password wifi yang tadi di opsi yang mana gan, soalnya di laptop ane tetap gk connect sama wifi yang di tembak tadi, terima kasih sebelumnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitulah jika kita mengulang (repeater) signal yang bersandi, seperti yang ane sampaikan di atas. Kalau dari kantor sebelah sudah dapat izin menggunakan signal wifinya, lebih baik 5210G dijadikan saja sebagai Access Point, yaitu dengan menghubungkan LAN pada PoE ke LAN modem.

      Hapus
  38. Gan, ane pake TP-Link WA5110G, udah ane atur ke mode repeater dan udah dapet sinyal 25dB. Setelah dikonek kok tetep unidentifiying ya gan. Saking keselnya ane bawa ke gasebo BTS dapet sinyal 43dB masih tetep aja unidentifiying. Solusinya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mode repeater, gateway atau subnet mask tidak perlu diisi. Jika perlu, Agan cukup mengganti IP standar saja.

      Hapus
    2. Setelah melakukan konfigurasi radio 5210G, jangan lupa IP V4 PC kita kembalikan ke mode otomatik. Lalu, direfresh network adapter PC dengan cara disable, lalu enable-kan adapternya.

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Begini gan. Rumah ane bersebelahan dg kantor ane. Meski cuma bagian bersih2, ane dikasih akses internet dari wifi kantor, tapi sayangnya sinyalnya cuma nyampek pagar depan rumah. Trus, ane cari2 tutorial nemu blog agan, akhirnya beli TL-WA5110G sekuat duit ane.

    Ane gagal konek ke wifi kantor meski udah dapet 25dB, tapi ane berhasil konek ke wifi alun-alun kota saat semua perangkat ane bawa kesana meski cuma dapet 16dB.

    Setelah ane pikir2 ternyata wifi alun-alun ga pake password, sedangkan wifi kantor pake pasword 12345678. Jadi, apakah wifi yg pake password kayak punya kantor memang ga bisa direpeat?? Kalo bisa, gimana caranya ya, apa mesti pake mode yg lain selain repeater??

    Ane udah coba2 pake mode client dan point to point jg ga bisa. Mohon bantuannya ya gan..!?! Trimakasih ya gan, salam kenal jg ni sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya mau pamer, Gan. Ane udah belasan unit masang radio 5210G, bullet ubiquity 2HP, trus 7210N. Tpi ane belum prnah berhasil merepeat signal wifi yang pake kata sandi. Gmn klo agan jadiin 5210G tu sebagai AP yang dikoneksikan lewat port LAN modem router? Kalo wifi alun-alun kota yang nembus 16 dB, secara general signalnya bisa putus sebentar, trus nyambung lgi. Kadang2 lelet juga tu. Tapi kalo 25 dB, waah sip tu. Nonton youtube jamin ga bakalan putus.

      Jadi sekali lagi, Gan. Sebenarnya settingan agan udah mantap banget tu. Hanya saja radio 5210G memang ga bisa merepeat signal wifi bersandi. Coba aja pasang radio jadi AP, trus pasang agak mengarah ke rumah agan. Jika agan ga mau orang lain nimbrung internetan, dari radio 5210G agan bisa kasi password di menu wireless security-nya.

      Hapus
    2. Wahahahhh..oke gan, trims atas reply dan saran yg ciamik. Perlu dicoba nie, keler kabel LAN dari router hingga gedung paling pinggir dekat rumah, trus tancap radio disana. Kalau masih gagal, kayaknya musti jadi hacker nih, waduhh..

      Hapus
    3. pake mode client router gan trus klo udah konek dari hasil survey ubah security tp link jadi 12345678 sesuai pass AP pusat channel set auto aja.nanti insyaAllah konek via lan gan :D kalo passwordnya wep kemungkinan masih bisa direpeat pke wa5110g nanti set mode ap pilih yang universal repeater.kalo mau repeat pass wpa pake wa7210n tapi harus pake antena tambahan omni kyk antena wa5110g soalnya dia mancarnya lurus ke depan kalo tanpa antena external saya udah coba repeat mr3420 pass wpa2 :D. soale saya punya alat"nya itu dah tak coba. lebih mantep kalo pake antena kayak tongkat kasti 12db :D

      Hapus
  41. apa gak perlu di sambungkan menggunakan kabel ke wifi tembakan nya gan

    BalasHapus
  42. om saya mau nembak wifi indosat , sinyal 25 dbm , cara settingnya gimana . itu kan ada 3 sinyal indosat , agan pasti tau apa aja macamnya , nah pilih yang mana. makasih :)
    saya pakai W5210G

    BalasHapus
  43. Gan firman usaj pake 7210 kah ? Ane mau nanya nih . Ane kan pake 7210 . Cma ane taro didalen rumah . Ane kasih tiang penyangga . Ane masukin loteng . Yg ane mau tembak wifi tetangga yg jarak nya 20m . Setiap ane survei . Db pada signal nya besar . Tp setiap ane conect turun drastis .

    Kemudian . Terkadang ane udh conect ke wifi tersebut. Tpi ngag bsa internetan . *ke adaan ip pada pc udh ane obtain*.

    #kasus#
    1. Conect ke wifi + inet jalan , ip pc obtain , ane cek ipconfig >> 192.168.1.103 .

    2. Conect ke wifi + inet gg bsa , ip pc obtain , ane cek ipconfig >> 169.xxx.xx.xx .

    *pertanyaan*
    Knpa ane ngag bsa internetan padahal udh conect . Setiap ngag bsa . Keaadaan nya kaya kasus diatas no 2. Apa pembagian ip nya kurang bagus . Setiap ngag bsa slalu ip nya 169 . Pas ane cba isi manual ip pada pc 192. Ttp ngag bsa . Ini knapa & solusinya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 penyebabnya, Gan:
      1. Wifi tetangga Agan dikasi sandi, sehingga tak dapat terkoneksi pada radio 7210 Agan.
      2. Modem routernya dipasang "Mac Filtering" sehingga akan otomatis me-reject Mac radio Agan. (ini pengalaman ane, Gan!)


      Solusinya agan musti cari signal wifi yang lain. Atau "spy" ke tetangga, lalu buat kesepakatan jika agan tidak keberatan kalo biaya bulanan dibagi dua.
      Kalo solusi lain, ane juga tidak punya tu, Gan.

      Hapus
  44. gan mau nanya.. itu alat buat nangkep sinyal wifi kan?
    kan syaa ada modem wifi dirumah tpi jauh dari komputer... nah kalo pake kabel lan kan panjang tuh jdi ribet...
    kalo pake alat itu.. saya taro deket cpu truss di colok pake kabel lan... alat itu bisa ambil sinyal wifi yg di modem saya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, Gan.
      Caranya Agan setting radio 5210G sebagai AP (access point), lalu letakkan di tempat yang strategis misalnya di tengah rumah sehingga dapat di akses dari seluruh penjuru rumah,

      Hapus
  45. gan, kalo nembak ke @wifi / indischol...itu bisa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan wifinya tidak bersandi atau tidak menggunakan mac filtering, bisa Gan. Saran saya lebih baik survey dulu jaringan tersebut, bisa dikoneksi lewat PC atau smartphone ga?! Kalo bisa, baru Agan gunakan radio wireless untuk nembaknya!

      Hapus
  46. maav gan ane orang awam, tapi ane mau tanya ini tentang tebak wifi jarak jauh banget ane rencan mau beli alat tersebut buat tebak jaringan wfi jarak jauh kalau nga keberat tolong dong kasih tahu merek alat dan type nya yang bisa nyari jaringan wifi dan ane harus beli apa aja alat" yang mendukung nya????......
    thank's

    by:asep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak jenis radio wireless internet yang dapat kita gunakan, Gan. Semua tergantung agan mau make pada jarak berapa, dan pada kemampuan finansial berapa, hehehehe...
      Ada TP Link 5110 G, ada 5210 G yang kedua tipe tersebut tidak jauh beda harga dan kemampuan nembusnya. (beda tempat/kota beda harga, Gan)

      Terus ada Ubiquiti, tipe sectoral dan bullet yang lebih mahal, dan harus dengan antena eksternalnya seperti antena yagi, omni atau grid.

      Pokoknya banyak, Gan.
      Kalo cuma jarak 1-5 km, mending pake 5210G aja. Trus kalo jauh dari itu, lebih baik pake bullet ubiquiti dengan antena grid sebagai eksternalnya.
      Lalu Agan beli kabel UTP seharga 3 ribuan per meter plus tang krimp-nya,
      Lalu jack RG seharga ribuan rupiah per unit.
      Lalu tiang towernya.
      Saran ane, agan googling dulu atau surfing dulu di youtube cara membangun BTS, biar lebih lempeng.

      Hapus
    2. kalau merek TP Link ada nga yang bisa jarak tempuh nya 50km, kalau ada type apa, trus tanpan tambahan antena lagi gan?......
      gan ane mnta no hp.

      Hapus
    3. Hmm, kalo untuk jarak 50 Km, ane ngga rekomendasikn TP Link, Gan. Mendingan Agan googling radio wireless internet dengan tekhnologi MIMO aja.
      TP Link emang kurang cocok untuk jarak sejauh itu.
      Gimana kalo Agan cari radio buatan Eropa yang nembus 60-an Km? tapi harganya sekitar 8 jutaan gitu, Gan. Segerrrrr!!!!!!

      Hapus
  47. Salam kenal gan ! saya punya kasus dlm seting client brdge engenius ecb1221. jd gni gan, sblumny sy sdh set engenius ecb1221 ke client brdge, lalu saya masuk ke menu wireless-->site survey->refresh, trus ada SSID yg muncul dgn sgnal 80db, lalu sy connect. alhasil berhasil connect, tapi knp blm bsa browsing ya? tutorial d atas sy nmu d google gan. ada satu hal yg sy kurang phm. yaitu Ip dari ISP.ny. contoh kalau ada ipnya, kita hrus masukin ke pngturan mna ya, supya bsa browsingan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. IP standar EnGenius adalah 192.168.1.1, yang berarti sama dengan IP standar Speedy Telkom. Maka jika modem routernya milik Speedy gantilah IP EnGenius yang tidak sama dengan IP Speedy.
      2. Pastikan gateway-nya telah terisi dengan IP modem router. Jika radio tidak otomatis menemukan gateway, maka coba masukkan IP 192.168.1.1 sebagai IP standar milik ISP Speedy.
      3. Pastikan radio AP yang kita repeat tidak menggunakan "mac filtering" yang memang me-reject radio Agan.
      4. Signal -50dB sama artinya dengan 100%, jika -100dB sama artinya dengan 0%. Kesimpulannya, masing-masing merek radio memiliki ukuran signal yang berbeda pula, speperti TP Link menggunakan ukuran 18dB ke atas, lebih baik. Kalo Ubiquiti -40dB ke atas lebih baik. Nah, kalo EnGenius??? Coba Agan koneksikan dengan signal yang lain.
      5. Setelah melakukan konfigurasi, harap lakukan rebooting. Apalagi jika radio kita tidak memiliki sistem me-reboot sendiri.

      Semoga bisa membantu, Gan!

      Hapus
    2. Thanks gan ! Skrng udh works ! sukses selalu gan....:)

      Hapus
    3. eh eh eh 4 question lagi lupa gan....:D

      1. Apkh antena grid bsa dipake untuk nmbak wifi.id Telkomsel yg biasa ada d sekolahan? wifi.id trsebut mnggunakan pmncar (Antena Patch Panel). Jarak dari rmh saya ke target skitar 500-600 meter dgn los 10 rumah, dgn cttan daerah saya lbih tinggi.
      2. AP apa yg bgus tapi cukup ekonomis hrganya untuk nembak hotspot dgn distance 1-3 km?
      nb: los bnyk gdung tp tdk trlalu tinggi.
      3. Apakah besar dan kcil Voltase pd sbuah AP mempengaruhi jarak tempuhnya/ jangkauannya?
      4. Apakah besar dan kcil mW / W pd sbuah AP mempengaruhi jarak tempuhnya/ jangkauannya?

      Nb: Maaf y gan bnyk nnya :), maklum ane msh newbie dlm case koneksi AP. Hiiihiii

      Hapus
    4. Secara umum, kita bicara tentang internet nirkabel yang direkatkan pada modem ADSL, yaitu speedy produknya Telkom. Sedangkan untuk Telkomsel/Indosat, meskipun sama-sama internet nirkabel, namun mereka merekatkan internetnya lewat GSM. Nama beda, tentu alatnya juga beda. Kalo Agan mau menembak signal internet GSM, alatnya lain lagi, Gan.

      Ada pendapat bahwa dengan meninggikan voltase sebuah AP, akan meningkatkan daya kerja AP tersebut.
      Menurut pengalaman ane, sebenarnya memberikan voltase lebih, justru memperberat kerja adaptor AP. Hal ini juga memperbesar resiko kerusakan radio kita. Mending ikut yang standar pabrikannya aja, Gan.

      Kalo untuk memperbesar jarak tempuh/jangkauan sebaiknya kita berlangganan signal yang "dedicated". Kalo yang broadband seperti Speedy, jangkauan signalnya memang terbatas. Meskipun demikian, internet broadband justru lebih murah daripada internet dedecated, Gan!

      Hapus
  48. salam kenal gan... ane pakek tl wa5110g dan ane gabungin ama anten grid trus tl nya ane pakek clien dan udah bisa konec ke laptop...pertanyaannye gimana cara seting tl nya biar konek juga sama wifi handphone...mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk diakses lebih dari satu stasiun, pilih mode "repeater" aja, Gan. Jangan yang klien, kecuali Agan ingin menebarkan lagi dalam ruangan lewat router.

      Kalo HP ga bisa terkoneksi ke wirelessnya, barangkali radio yang kita pasang terlalu tinggi, sehingga HP kesulitan untuk menghubungkan dengan signal tersebut.

      Tapi jika bukan itu penyebabnya, coba ganti dulu mode radionya ke "universal repeater". 5110G hanya menerima/memantulkan signal 11 Mbps atau 54 Mbps. Untuk hasil terbaik, gunakan router aja, atau ganti dengan radio 7210N yang kemampuannya 150 Mbps, Gan.

      Hapus
  49. salam kenal Gan :) ane mau tanyak Gan, rumahku jaraknya skitar 1 KM dari telkom tp sinyal wifi.id gak bisa sampai rumah. kira2 yg enak pakai modem yg jenis apa gan?
    thank's :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk 1 km, kita perlu lihat LOS (line of sight) nya dulu, Gan. Prinsipnya begini:
      Sejauh mata dapat melihat tower/BTS/AP-nya, maka sejauh itulah signal dapat tertangkap.

      Jika pada jarak 1 km terdapat hutan kayu atau hutan gedung-gedung tinggi, wah sulit tembus, Gan.

      Jika agan dapat melihat dari jarak 1 km ke titik Akses tanpa terhalang apapun, lebih baik pake 7210N. Kecepatan transfer data alat ini mencapai 150 Mbps.

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Gan kalo nembak dari kejauhan 5KM bisa tidak menggunakan TL-WA7210N + Grid,,, ane mau beli itu kalau bisa. kalau ndak bisa, apakah ada cara lain??
    Mohon sarannya, Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini pertanyaan yang cukup sulit buat ane jawab, soalnya Agan tidfak menyertakan topologi 5 km itu, apakah ada hutan, rumah2 tinggi, atau perbukitan. Namun jika 5 km LOS (dapat melihat tiang radio AP, maka 100% bisa. Pengalaman ane : jarak 7 km dengan radio 7210N plus grid 2424, tembus sekitar 24 dB, gan. Lumayan buat topologi yang cukup menguras bandwidth.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  52. oia gan saya kan pasang wifi di rmh , nah alat modem wifi speedy na ada di lantai 1.tapi ko pas saya coba untuk browsing di laptop dari lantai 2 sinyal wifinya jadi melemah ya.
    mohon penjelasannya dan sarannya, agar sinyal wifinya tidak melemah. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang aja radio 5110 atau 5210 atau yang lebih baik 7210 dengan mode AP lalu gantungkan ditengah ruang lantai 2, dijamin agan bisa browsing di lantai 2 sambil bilang "bye-bye internet lemot...!" Hehehehehe...

      Hapus
  53. mas nmpang coret .saya punya koneksi speedy.tpi tman w mw nmpang wifi jga tpi jarak y -+ 600 mter. sdangkan wifi yg w punya TP-LINK TL-WA5110G ga bsa smpe .
    TP-LINK TL-WA5210G klo pke yg ini ,bsa ga bagi wifi y .
    sory mas msih awam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya Agan gunakan 2 radio WA7210N yang disetting ke mode AP (access Point), Kecepatan transfer data 5110 dan 5210 adalah sama, yaitu 54 Mbps, dan itu belum terpotong oleh angin atau interferensi. Jika interferensinya seperempat dari speednya saja, maka koneksi yang didapat cuma 13 dB, Gan. Tapi kalo 7210N, speednya sebesar 150Mbps.

      Hapus
  54. mau tnya gan cara nembak sinyal wifi trus disebarkan lagi mgunakan TL WA7210N pkek operation mode yg mana gan trus gmana cara settingnya
    mohon di bantu tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mode brigde, Gan. Settingannya mirip dengan 5210G.

      Hapus
  55. salam kenal dari saya gan
    oya gan saya tinggal di dekat kampus gitu dan jarak saya dengan kampus kira-kira 700 meter lah, saya ingin make tu wifi kebetulan saya mahasiswa disitu dan tau paswordnya bisa gak saya gunakan ini alat untuk nangkap koneksinya?
    oya gan saya tinggal di medan.
    dan bagaimana dengan peraturan kominfo tentang larangan pemakaian repeater secara bebas.
    mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake 7210N, lalu masukkan tipikal WPSnya. Misalkan PSK-2, lalu agan masukkan passwordnya yang sama dengan modem router kampus.

      Hapus
    2. Oh, ya. Kalo agan pake 7210N, daya tangkap dan daya sebarnya jauuuh lebih baik daripada 5210G. Tapi harus dari modem router/AP yang outdoor.

      Peraturan Kominfo itu untuk penguat signal GSM. internet ala telkomsel atau indosat bekerja pada gelombang 2,1-2,3 Ghz (pita berbayar). Sementara 2,4 Ghz sudah diizinkan seluas-luasnya oleh pemerintah untuk kegunaan wireless cord, wireless microphone, wireless mose, bahkan untuk mocrowave. Makanya gelombang ini rentan interferensi, Gan.

      Jadi yang dilarang itu adalah jenis penguat signal seluler. (silahkan agan googling wireless adapter untuk GSM/CDMA) Kalo penguat signal ADSL dilarang, bagusan ditutup aja TP Link, bullet, ericson dsb.

      Hapus
  56. Mantap bgt artikelnya mas....
    Mau nanya mas, saya mau nebeng internet dari ruko ortu ke rumah saya. Jarak dr ruko ortu ke rumah saya sekitar 300 meter.
    Saya punya 2 router TP-LINK; TL-WR340GD dan TL-WA-901ND.

    Kalau pake TP-LINK TL-WA901ND bisa gk nembak jarak 300meter?
    Gimana caranya mas? Mohon pencerahannya....
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 340GD dan 901ND sama-sama modem router, yang memang dirancang untuk bekerja di dalam ruangan, Gan. Konteks kita di sini adalah radio outdoor/luar ruangan. Jadi, meskipun 901ND merupakan produk handal dengan tekhnologi MIMO, namun tetap saja tidak bisa dipasang sebagai repeater, Gan.

      Hapus
    2. Oke... makasih infonya...

      Hapus
  57. Agan-agan yang mau share tentang radio outdoor, bisa mengirimkan komnetar/pertanyaan/testimoni di

    Berbagi ILMU Jaringan WIFI-Kabupaten Karimun (googling aja)

    BalasHapus
  58. gan mau tnya ane mau nembak wifi tetangga pkek TL-WA7210N
    trus bisa ktauan tetanga ane pa gak gan klau gue conect

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ketauan atau nggak, trgantung dari kejelian empunya. Misalkan dalam keadaan tidak diakses sama sekali, 5 lampu (led) modem router akan berkedip sesekali. Namun apabila sedang dikoneksi, maka minimal lampu (led) pada modem router akan berkedip-kedip dengan cepat. Jika empunya tau, maka pasti akan langsung dimatikannya, atau diganti kode keamanannya.

      Hapus
  59. Halo mas Firman, nma saya Anshary.
    Cuman mau tnya, klo buat nembak signal wifi.id bisa gak yah? Kira2 ap saja perangkat yg dperlukan?
    Trus behbng rumah ortu sya ddesa minim skli untk signal gsm, kira2 apakah ada saran cra utk memaksimalkan signal gsm tsb?
    Fbnya mas Firman apa klo boleh sy tau?
    Trimakasih bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. wifi.id merupakan akses internet gratisan dari telkom dengan waktu terbatas. Kita bisa menggunakan atau bahkan memperkuat signal tersebut, namun akan terbatas dengan waktu dan daya. wifi.id ini biasanya ditempelkan pada modem router milik pelanggan telkom.

      Sebaiknya signal ini tidak usah diperkuat, karena agan akan rentan sakit hati. Soalnya baru online 10 menit, eh tiba-tiba mati signalnya....!

      Penguat signal gsm sebenarnya ada dan sama bebasnya dijual di toko-toko online. Namun penggunaan radio ini sudah dilarang oleh UU tahun 2013. Kalo kedapatan, Agan bisa dijebloskan ke penjara sebab dianggap mengganggu signal gsm Telkomsel/Indosat dan sejenisnya tu!

      FB ane "Berbagi ILMU Jaringan WIFI", gan. Ajukan aja pertanyaan atau apa, kek. PAsti ane jawab. Kalo yang ini blog milik orang lain, hehehehe...

      Hapus
  60. Salam kenal mas firman,

    Saya mau nanya cara nembak @wifi id, ceritanya gini....
    Kantor saya berlangganan speedy unlimited yg 195rb/bulannya, dan kebetulan sekali persis Depan kantor saya adalah kantor kecamatan, dimana kantor kecamatan tsb terdapat sinyal @wifi id, sehari-hari saya menggunakan speedy dr kantor tp pas sy coba survey dr laptop saya taunya saya dapet sinyal wifi id yg dipancarkan dari kantor kecamatan tsb, jadinya mulai bulan kemarin sehari hari saya menggunakan sinyal @wifi id tsb dikarenakan kecepatannya yang jauh dari speedy dikantor dan sy login dengan account speedy kepunyaan kantor yg telah saya daftarkan untuk dapat login menggunakan wifi id.

    Lalu saya kepikiran ingin bisa menggunakan sinyal @wifi id tersebut dirumah saya yg berjarak 300m dari kantor saya tp memang banyak rumah tinggi yg menghalangi dan kontur daerah yg sedikit naik turun, bisa ga tolong dijelaskan alat apa saja yg diperlukan saya saya bisa menerima sinya wifi id tersebut dirumah saya?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaraknya terlalu jauh untuk menggunakan 1 radio saja, Gan. Jadi kalo Agan ingin mengakses internet di rumah, gunakan 2 unit radio. 1 unit yang disetting AP, dipasang di kantor. 1 unit lagi disetting Universal repeater/repeater/klien di rumah Agan. Sebaiknya gunakan 7210N agar speed-nya lebih memuaskan.

      Hapus
  61. Selamat malam,
    Mas Firman pertanyaan saya mungkin sudah ada yg bertanya tp sepertinya tidak persis sama.
    Kasus : saya mau menghubungkan 2 Tempat (sebut saja Tempat A pusat dan tempat B cabang). ADSL dan Router terletak di A dan beberapa PC. Sedangkan di B juga terdapat beberapa PC dan AP wireless. Saat ini saya gunakan WA7210N dengan setting di tempat A sebagai AP sedangkan di B sebagai Client.
    Hasil dari setting ini : PC desktop di B yang saat instalasi pertama sudah ada dapat mengakses A tanpa ada masalah. sedangkan Laptop wifi baik memakai kabel maupun memasang AP tidak dapat terkoneksi dengan jaringan (kadang mendapat IP dari router tapi tidak dapat ping ke router itu sendiri, lebih sering tidak terkoneksi sama sekali). masalah ini terjadi pada semua laptop yang dipasang di B.
    Apakah setting ini sudah benar? A= AP dan B=Client? ataukah harus di ganti A=AP dan B=Repeater? setting mana yang benar supaya di B dapat dipasang juga AP wireless.
    Terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi, Agan Unknown
      Berdasarkan petunjuk instalasinya, mode CLIENT lebih tepat jika kita ingin menggunakan SmartTV, konsol game, Media Player dsb yang terkoneksi lewat kabel UTP dari port LAN radio 7210N.

      Untuk kasus Agan, sebaiknya radio di titik B disetting mode universal Repeater saja, karena akan diakses lebih dari 1 perangkat nirkabel.

      Pastikan juga WPS-nya disable. DHCP juga disable.

      Hapus
    2. Terima kasih pak
      saya akan coba 1-2 hari kedepan, sedang menyiapkan tiang (jaraknya hanya 100m).
      Untuk jarak 10-15 km apakah ada alat yg bisa dipakai untuk koneksi wifi/radio ini? baik yg mesti tepat berhadapan ataupun yang boleh sedikit melenceng beberapa derajat?
      Sory tidak tahu cara menampilkan nama profil
      @Hengky

      Hapus
    3. Selamat mencoba, Gan. Semoga sukses.

      Untuk jarak 10-15 km, bisa dengan menggunakan radio BULLET 2M yang disandingkan dengan antena grid TP Link 2424 atau grid Kenbotong.
      Secara umum gird memang dirancang untuk jarak sampai 30 km (tergantung Line Of Sight=LOS-nya). Asalkan tidak di repeat dari bagian belakang, biasanya pula selisih 45 derajat untuk jarak sekitar 300 km, masih bisa terkoneksi, Gan Hengky.

      Hapus
  62. selamat siang mas
    mau nanya mas, dikantor kan langganan internet speedy kalo nga salah, itu bisa diakses disemua lantai, pasword saya uda tau, bangunan kantor 3 lantai, masing-masing lantai ada router wifinya sendiri-sendiri. aku kalo dikantor make wifi TP-LINK TL WN422G
    jarak kos saya kira2 kalo ditarik garis lurus 7-9km mas dilantai 2 juga kos saya,
    rencana ingin menggunakan fasilitas wifi tersebut mas di kost. perangkat apa aj yang dibutuhkan mas? mohon dibantu ya mas, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang juga, Gan.
      Sayang sekali Agan tidak mendeskripsikan LOS pada jarak 7-9 km tersebut.
      Maksudnya antara kantor dengan kos Agan terdapat apa saja yang menghalanginya, misalkan perumahan berlantai 2, atau pepohonan, dan sebagainya. (jarak 7-9 km itu dihitung menurut google map/Bing/berdasarakan speedometer?)

      Namun demikian, asumsi perangkat yang diperlukan lumayan mahal, yaitu 2 unit radio TP Link WA7210N atau bisa diganti dengan 2 unit radio bullet Ubiquiti 2M, kemudian 2 unit radio grid merek kenbotong/TP Link 2424 juga tidak masalah. Lalu tiang besi dengan tinggi tergantung seberapa perlunya, 4 buah RJ, dan kabel UTP secukupnya, yaitu kira-kira 30 meter.

      Hapus
  63. dear agan Firman,,,
    saya mau ikut bertanya donk.

    saat ini dirumah saya pakai firstmedia, dan sdh wifi.
    rumah saya 2 lantai, dan lantai atas ada ruang keluarga (terbuka) dan 1 kamar (tertutup).
    permasalahan saya adalah saat di ruang keluarga sinyal wifi msh dpt namun sedikit, tp kalo di dlm kamar sdh tdk ada sinyal wifi nya lagi.
    pertanyaan sy apakah bisa di lantai atas saya dibuat ada wifi lagi dgn alat baru,tanpa kabel LAN (menangkap sinyal wifi,lalu dijadikan wifi lagi).
    saat ini saya punya alat Wifi Dlink Dap 1360 (access Point ).apakah bisa digunakan??
    jika bisa, gmn cara seting nya ya??
    mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Gan.
      Produk D-Link yang ane gunakan cuma hub DES-1016D dengan 16 port.
      Namun secara garis besar, dapat ane sampaikan bahwa D-Link DAP 1360 merupakan sebuah router yang memang berfungsi untuk memperluas signal nirkabel, Gan.
      Konfigurasi alat ini tetap memerlukan hubungan kabel LAN dari modem router yang dipasang di port bagian belakangnya.

      Sedangkan untuk setting-nya, hampir sama seperti komentar ane di atas yaitu Agan harus login di alamat IP router ini, yaitu IP standar 192.168.0.50 (menurut edisi sebelumnya) dengan terlebih dahulu mengubah IP pada Network dan sharing center ke IP static.

      Setelah bertemu dengan halaman loging, ketikkan nama = admin dan password dikosongkan saja.
      Agan sekarang berada di menu set up. Silakan ikuti petunjuk yang ada.

      Hapus
  64. Mat malam minn...
    Saya tinggal di Kalteng, Kab. Katingan, Kel. Pendahara.
    Saya mau mendirikan warnet pertanyaan saya berapa biaya yg saya butuhkan khusus utk nembak jaringan speedy, diluar harga PC (Khusus jaringan)
    Lokasi Rencana Warnet
    E.1°46'28"
    S.113°17'17"
    Lokasi jaringan Spedy
    E.1°53'05.6"
    S 113°24'41.9"
    Atas bantuan n kerja sama saya ucapkan Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Nanang, untuk radio wifi tidak begitu memerlukan posisi persis AP-nya. Cukup di hadapkan saja radionya ke arah AP, maka radio akan terkoneksi meskipun selisih beberapa drajat.

      Yang mesti kita perhatikan adalah LOS-nya, kecepatan angin dan jarak antara AP dengan radio repeater/brigde-nya.
      Sayangnya, Agan tidak mencantumkan hal tersebut sehingga agak sulit kita menentukan tipe alatnya.

      Hapus
  65. gan ane mau nangkap sinyal wifi.id di area wifi.id telkom, jarak dari rumah 350m, hambatan mungkin cuma beberapa pohon, rumah ane tingkat2.
    minta saran alat2 apa saja yang dibutuhkan agar sinyal wifi.id di area telkom tersebut bisa ane terima di rumah, apa cukup memakai TP-LINK TL-WA5210G. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk topologi seperti itu, agan memerlukan 2 unit radio wifi yang berfungsi sebagai AP dan sebagai repeater. 1 unit dipasang di sumber signal, 1 lagi di rumah Agan. Radio 5210G sudah memadai untuk jarak 350 meter.

      Hapus
  66. mat siang mas.., gimana konfigurasi AP TL-W7210N untuk HotSpot menggunakan Mikrotik RB750. Makasih mas seblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang jg Gan, tidak ada perbedaan antara settingan radio yang make mikrotik dengan yang tidak. Asalkan gatewaynya sama dengan IP mikrotik. Misalkan Agan memberi mikrotik IP 192.168.33.33, maka gateway radio AP juga 192.168.33.33. Kecuali untuk radio repeater, biarkan saja gatewaynya kosong.

      Hapus
  67. Salam Kenal mas Firman, saya tinggal 150 m dari kantor yang punya wifi, selama ini saya menikmatinya dengan menggunakan USB wifi TL-WN722N tinggi dari tanah 10m, dapat sinyal 2 bar tapi stabil. karena wifi kantor cuma sampai jam 4 sore dan ada teman menawarkan wifi dari warnetnya untuk saya pake (jrk<>,200m los) saya ingin ganti dengan WA5210G, 1. Bagiman cara seting Tp-WA5210g buat nangkap wifi warnet tersebut, 2. dan bila jadi bagaimana agar teman saya (jrk<>150m) dapat pake wifi dari saya dengan dua alat tersebut WA5210g dan USB wifi WN722n, mohon pencerahannya yah ! Trims sebelumya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg, Gan. Untuk kasus Agan, silakan pilih mode "universal repeater" pada radio 5210G, lalu pada tombol "survey" Agan cari signalnya, lalu klik "connect".

      Untuk kasus yang kedua, ane kurang mengerti maksud Agan. Tapi jika benar, agan dapat memilih mode "universal repeater" juga pada radio teman Agan, namun ketika "connect", yang dipilih adalah signal dari radio Agan.

      Hapus
  68. met pagi mas firman....sy ari dan saya mau tanya
    saya menggunakan firstmedia dan modemnya wifi yang di pinjamkan dr firstmedia,
    yang saya mau tanyakan bisakah wifi saya ini menghasilkan jarak 10-20km untuk berbagi dengan lingkungan dengan perjanjian membantu biaya bulanannya apabila ada yang ingin menggunakan bersama dengan jaringan wifi saya.dan apa bila ada alat apa yang saya harus pasang hingga bisa menghasilkan sinyal wifi hingga jarak 10-20km.mohon di bantu pencerahanya.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi jg, Gan.
      Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Indonesia termasuk 10 negara dengan akses internet terlambat di dunia. Kecepatan data rata-rata Indonesia hanyalah 1,5 Mbps (Hongkong 42 Mbps ke atas). Sedang milik swasta, adalah Indosat dengan kecepatan rata-rata 2 Mbps. Justru kekuatan signal itu tergantung dari kecepatannya, Gan.
      Jika Agan ingin membagi signal pada jarak 10-20km, tentu agan harus pastikan dulu bahwa ISP langganan agan memang memiliki kualitas signal yang baik. Jika memang bisa, agan boleh menggunakan radio wifi parabolic, atau bullet yang dikolaborasi dengan antena grid, Gan.

      Hapus
  69. mat pagi mas,,,bgmana cara seting agar yang konek ke hotspot sya memiliki pasword yang berbeda-beda satu dan lainnya....saya pake TP-Link TL-WA7510N, mhon petunjuk.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Gan. Signal yang kita ulang (repeat) hanya mengikuti signal dari radio AP kita. Namun jika Agan ingin menyaring, cukup gunakan saja fasilitas "mac filtering"nya aja. lihat mac stasiun/PC, coba ketik "cmd" di menu start. Lalu ketik "ipconfig/all" . Radio akan menunjukkan mac dan ip-nya. Setelah dapat mac stasiun, masukkan di "mac filtering" lalu enable-kan!

      Hapus
    2. Selamat siang mas, sya menggunakakan TLWA7510N dan langsung sya hubungkan dgn ke Modem Spidy sya,,,terus sya pancarkan ke tetangga sya,,,apakah sperti saran mas unk Fasilitas Mac Filtering,,bagi yang mac dan Ip yang sudah enabelkan aja yang bisa konek ke Wifi, sedangkan MAC dan IP yang tdk di saring filtering apa tetap konek ke Wifi sya atw tidak mas...?mhon penjelasan..?

      Hapus
  70. malam mas gimana nieh mas caranya mengembalikan settingan pasword pabrik Tp Link wa5210g, soalnya aq gak bisa masuk lagi ke settingan browser google lagi, jadi tolong bimbingannya mas ..... maklum mas aq lagi belajar niehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam jg, Gan. Jika radionya bisa digapai, tekan aja tobol "reset"nya di samping port LAN radio selama 5 detik. Radio akan otomatis kembali ke setting pabrik.

      Jika radionya di atas, coba ganti IP PC Agan dengan kelas yang sama dengan radio. Misalkan IP radio "192.168.11.234". Maka ubah IP static PC agan dengan "192.168.11. 22" Asal sama kelasnya, "11". Setelah itu, coba dari menu command prompt, coba ping ke IP radio. Jika ping, maka Agan pasti dapat masuk ke halamana status radio.

      Hapus
  71. Malam mas ..gmn caranya dpt signal wifi dgn wa5210 dgn kbel 25m tnp antena tambahan..jika jarak sy.6km keutara..dgn terhalang pohon dan rumah..tingginya harus berapa meter...mohon pencerahannya..maksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya radio 5210G memiliki kecepatan transfer datanya hanya 54 Mbps, jika terhalang akan turun hingga 12-0mbps. Namun jika agan menggunakan 7210N, kecepatan transfer datanya 150 Mbps dan akan turun menjadi 75-16 Mbps, namun masih terhubung.

      Untuk jarak 6 km, lebih baik Agan menggunakan antena eksternal grid, karena signal ping akan jauh lebih baik berbanding signal ping tanpa antena tambahan.

      Lebih lanjut, silakan Agan kunjungi "mikrotik.co.id/test_tower.php"

      Semoga sukses

      Hapus
    2. Selamat malam Mas Firman, Terima kasih atas jawabannya di atas, saya ingin tanyakan lagi saya pakai WA5210G mencoba menangkap sinyal wifi dari AP utama (WA5210G) dengan jarak 724m , tinggi tiang dari tanah 15m saya Cuma mampu menangkap sinyal 2db, sudah saya coba tinggikan lagi tiangnya tapi tetap dapat 2 db, setelah saya perhatikan posisi AP utama nya sepertinya saya menagkap dari sisi samping AP utama, topologi jarak (jarak/tinggi ukur pake GOOGLE EARTH) jarak 724m, SAYA (T=49m) <-----250m----> BUKIT (T=54m) <--------474m----> Ap utama (T=22m) saya mau gantikan WA5210 milik saya, kira-kira peralatan apa ( AP router / Antena ) yang lebih bagus lagi yang sesuai rekomendasi Mas Firman untuk medapat sinyal yang lebih kuat lagi . Trims sebelumnya. Putra

      Hapus
    3. Memang 5210G memiliki jalur antena eksternal yang lebih kecil pada PCBnya. Hal ini menyebabkan kurang maksimalnya penggunaan antena eksternal seperti grid, omni atau yagi.

      Pengalaman ane, gan : Lebih baik menggunakan radio 7210N dengan antena eksternal grid yang dipasangkan di radio AP dan radio Repeaternya.

      Kemarin ane pernah dapat signal 6 dB saat menggunakan radio 5210G dengan antena grid. Namun setelah ane ganti dengan 7210N yang terhubung dengan antena eksternal grid, ane dapat 37 dB, tanpa meninggikan tower pipanya.

      Hapus
  72. Mas firman
    kalau WA5210G ini kan ga bisa nagkep sinyal wifi yang di proteksi dengan WPA2/PSK. Solusi pengganti modem ini apa mas firman ? Soalnya kebetulan saya tau password wifi tetangga sebelah, tapi karena proteksi WPA2/PSK jadi ga bisa nyambung deh

    Dan saya ada masalah dengan topologi saya, barusan saya gambar, bisakah mas firman memberikan pendapat ? berkenan di infokan emaik mas firman

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa, asalakn kita masukkan tipe keamanan wirelessnya. Dicoba lagi masuk ke security-nya, pilih mode WPA2/PSK, lalu masukkan sandi/passwordnya.
      email :firman.alamsyah3311@yahoo.co.id

      Hapus
    2. sudah saya kirim email dari fachrian
      r14n.qqn@gmail.com

      saya sudah coba tetap ga bisa dengan mode client

      Hapus
    3. Sudah Ane balas E-mailnya, Gan!

      Hapus
  73. gan di sekitar rumah ane kan banyak ada hotspot yang jaraknya ratusan meter apa bisa ditembak dengan usb wifi??
    mohon bantuannya ane baru paham tentang jaringan
    maaf akun ane gak ada namanya, panggil aja ane : Mank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo USB wifi, Agan harus merakit antenanya lagi, Gan. Soalnya alat tersebut tidak untuk jarak yang jauh melebihi 10 meter. Mending Agan beli aja radio 5210 atau 5110 atau 7210. Jamin tembus, asalkan signal yang ditembak adalah signal yang memang free.

      Hapus
  74. ohh gitu
    kalo pake nembak wifi.id bisa gak ya soalnya skitar 1km jarak ap nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wifi.id, sebenarnya signal ini sengaja digandeng dengan modem router milik pelanggan Telkom. Telkom sengaja tidak memprotek signal ini, karena bertujuan untuk memberikan layanan internet waktu pendek untuk orang yang memerlukannya.

      Namun, jika kita hendak me-repeatnya dalam waktu yang lebih lama, ada konsekuensi tidak senyaman berlangganan dengan telkom. Apalagi bila pelanggan yang diboncengi wifi.id sedang internetan dengan menguras bandwitdh-nya, maka pengguna wifi.id akan sangat kecewa atas lemotnya jaringan.

      Begini saja, Gan. Coba dulu Agan surfing internet dengan koneksi langsung wifi.id. Lihat bagaimana hasilnya, lalu Agan buat kesimpulan untuk mereepat atau tidak signal tersebut.

      Hapus
    2. udah gan ane udah pernah surve wifi.id nya speed lumayan buat youtuban tapi harus login pake vocer telkom
      apa bisa di tembak ya ??

      Hapus
  75. mas Firman. sy mau menembakn sinyal speedy dari daerah lain
    ke rumah sy dgn kendala sby brikut =
    1. jarak tempuh darat kurang lbh 25 KM...
    2. titik penembakan terhalang sm pepohonan dn gunung
    setinggi kurang lbih 30 M...
    3. titik penembakan berada d sebelah gunung dn rumah
    sy berada d bawah'y gunung...
    apakah hal tersebut bisa d selesaika apa tidak.
    mas Firman maaf sy msh awam sm internet. timakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, Gan. Dengan topologi seperti yang Agan sampaikan, maka peluang gagalnya 99,99 %, Gan. Sebab signal ini rentan interferensi dan bekerja di gelombang yang payah.

      Dulu signal internet dibuka oleh pemerintah pada gelombang VHF. Untuk surfing pada gelombang ini sangat fantastik, LAJUUUU..........!

      Namun, ketika keluar kebijakan baru, maka gelombang internet digratiskan oleh pemerintah dengan seluas-luasnya pemakaian pada gelombang 2,4 Ghz hingga 5,8 Ghz. Alhasil, semua prodduk nirkabel seperti mouse, microwave, mic dan lain-lainnya memanfaatkan gelombang ini. Akibatnya? PREEET! Gelombang jadi sangat sibuk dan saling silang, yang kita sebut interferensi.

      Gelombang signal yang lemah ini juga rentan terhadap pepohonan, logam, beton, tiang dan sebagainya. Apalagi untuk bukit/gunung :signal ini tidak pernah akan bisa menembusnya, kecuali ada keajaiban dari Tuhan. Begitu, Gan!!!

      Hapus
    2. mas firman. trimakasih bnyk atas info'nyh.
      terus ada alternatip lain engga kalau sy mau buka warnet d daerah sy tsb.
      misalkn menggunakan provider I-sat atau T-sel soalnya baru ada 2 provider tsb.
      tapi 3G nyh baru ada terkadang muncul trkadang ga ada sm sekali. kalau menggunakan provider satelit sy ga kuat modal nyh. trimakasih....

      Hapus
    3. Jaringan indosat atau telkomsel merupakan jaringan gsm yang sebenarnya memiliki quota atau batasan tertentu. Lalu, jika mereka bilang speed hingga 2 Gb, sebenarnya itu hanyalah batasan paling tinggi dan BUKAN kecepatan rata-rata. Berbeda dengan telkom yang mematok quota tanpa batas pada paket 1-3 Mbps. (Kecepatan internet di Indonesia termasuk 10 terburuk di dunia. Sedangkan kecepatannya hanyalah 1,5 Mbps. Jika ditanya mana yang lebih baik dan lebih cepoat, survey menyatakan Indosat).

      Jika Agan ingin membuka warnet dengan jaringan GSM, ada baiknya Agan survey dulu bandwidthnya, limitnya dan segala tetek bengeknya. Soalnya ane belum pernah lihat ada warnet yang menggunakan ISP Indosat atau Telkomsel (mahal di biaya operasionalnya, Gan).

      Coba juga jajaki Astinet, atau misalkan di Jakarta banyak ISP swasta yang menawarkan bandwidth lebih murah daripada telkom. Coba aja Agan googling dulu, e-mail dulu. Lebih baik Agan berlangganan dengan jaringan ADSL atau sejenisnya, Gan.

      Hapus
  76. mas firman maaf ngerepotin satu pertanyaan lgh nih. sy semalaman muter2 d embah google. ada 2 ISP yng rada cocok ke hati skyBee sm IM2 tapi sy msh bingung d embah google belum ada rincian yang mendetail secara rinci. soalnya daerah sy kn pedesaan dikelilingi gunung kalu menunggu speedy masuk mungkin 15 tahun lgh. mohon pencerahan nya dari mas firman. trimakasih byk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Gan. Di tempat ane Skybee ataupun IM2 belum pernah ada. Jadi ane rada-rada kurang mengerti dengan ISP itu. Namun sebagai masukan buat Agan, ada beberapa hal yang ingin ane sampaikan :
      1. Jaringan yang paling baik adalah jaringan yang langsung ke satelit, daripada melalui serat fiber dan kabel telepon.
      2. Jaringan "Broadband", berarti jaringannya memiliki perbandingan download : upload adalah 2 : 1. Lawan dari "broadband" adalah "dedicated" yang memiliki perbandingan 2 : 2, namun 2 kali lebih mahal harganya.
      3. Jika ISP menawarkan paket internet "up to...." berarti kecepatan yang paling tinggi yang bisa dicapainya, bukan kecepatan rata-rata.
      4. Tidak semua tempat dapat menggunakan fasilitas ISP melalui satelit. Ada sebagian tempat yang justru tidak dapat terhubung ke satelit dengan baik.
      5. ISP dengan kabel, biasanya memunculkan problem ketika musim hujan.

      Sebaiknya Agan meminta free trial dulu pada ISP-nya, sebelum Agan berlangganan. Ketahui kelemahan dan kekuatan ISPnya. Jika perlu, ketika free trial, Agan koneksikan jaringan itu dengan sebanyak-banyaknya laptop, survey seberapa kuat speed yang diberikan (tidak down).

      Yang paling harus Agan ingat bahwa :
      Indonesia TIDAK PUNYA SATELIT sendiri lagi pasca dijual oleh Megawati, sehingga setiap ISP ataupun perusahaan TV kabel harus menyewa dengan pemilik satelit, yaitu pihak swasta.

      China yang memiliki kelebihan bandwitdh, ketika hendak menjualnya ke Indonesia :BINGUNG!!! Satelit Palapa over capasity, padat dan kelebihan kapasitas.

      Begitu, Gan. Semoga membantu!

      Hapus
  77. Salam kenal pak
    Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya sampaikan
    1. AP ini bisa disambungkan antena grid kan pak?
    2. Saya mau menghubungkan AP ini langsung ke router saya tl-mr3420, itu cara settingnya gimana pak?
    Maaf banyak nanya soalnya saya noobs soal beginian
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Agan baca lagi dari komen yang paling atas. Pada kasus agan, radio 5210G akan dikonfigurasi ke mode Access Point.

      Hapus
  78. Permisi Agan.
    Saya mau juga nembak wifi dari sekolah (Indischool dan wifi.id), jarak dari rumah ke sekolah sekitar 1,5 kilometer dengan posisi rumah agak sedikit lebih tinggi dari posisi sekolah.
    Nah yang jadi pertanyaannya adalah alat apa saja yang harus dibeli dan cara setingnya bagaimana ??
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar klien wifi.id atau Indischool mengeluhkan kualitas internet yang ditumpangkan lewat modem router sekolah, Gan. Tak sedikit yang mengatakan bahwa signalnya bagus, tapi internetnya lelet.

      Sebagai pengetahuan Agan, Telkom memang telah memberikan internet gratis di sebagian sekolah, sesuai dengan kerjasama antara Telkom dengan Keminfo atau Kemdiknas. Namun, MoU ini kurang didukung oleh perangkat miliki negara, yaitu :
      1. Indonesia tidak lagi memiliki satelit sendiri, sehingga jaringan internet masih harus numpang lewat Palapa yang bukan lagi milik Negara.

      2. Indonesia masih termasuk 10 negara di dunia dengan kualitas internet lelet, yaitu 1,5 Mbps. (Hongkong 45 Mbps tahun 2013)

      3. Telkom harus membayar ongkos sewa satelit setiap tahunnya dengan harga yang tidak murah (bagaimana mugkin mereka bisa menggratiskan internet miliki sekolah2 di Indonesia?)

      Namun jika Agan tetap keukeuh ingin memperluas signal internet miliki sekolah itu, Agan boleh menyiapkan 1 tower pipa leding, 1 unit radio 7210N atau Ubiquiti bullet (2HP atau di atasnya boleh. Asalkan masih gelombang 2,4 Ghz), lalu grid TP Link 2424; Bisa disandingkan dengan 7210N, namun jika Agan ingin mensandingkan dengan 7210N, maka siapkan juga kabel pigtail female 1 unit. Lalu kabel UTP lebih kurang 20 meter @ 3.000 rupiah dan 2 buah RG @5.000.

      Jika sudah punya semuanya, silakan Agan browsing di "Berbagi ILMU Jaringan INTERNET" di facebook, Ane yang kelola. Di sana kita bisa chat sambil Ane upload gambar2 konfigurasinya. Di sini Ane ga bisa kasi gambar, Gan. Maklum, bukan blog Ane!

      Hapus
  79. Pak Firman.

    bisa minta tolong cara setting tp link 7210n. Agar bisa konek ke @wifi. Saya selalu gagal. Saya seting dengan pilihan ap client router.

    Tp link 7210n mau di sambungan ke wifi rumahan lagi. Agar bisa koneksi ke laptop dan hp.

    mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Gan. Bisakah Agan jelaskanb kronologinya: modemnya apa, jaraknya berapa, LOS-nya apa?

      Kalo Agan pilih mode AP client router, jelas tidak bisa internet, Gan!

      Hapus
  80. Out door nya pakek tp link 7210n dan in door menggunakan tp link mr3420.

    Los nya 1 gedung saja. Dapat signal 1 bar. Yang di tembak signal @wifi milik plaza telkom.

    Pertama saya setting 7210n sebagai ap clien router. Setelah setting dan pasang voucher sudah bisa browsing.

    Tetapi kalau setelah di colokan ke mr3420. Internet nya tidak bisa konek lagi. Saya suruh toko komputer untuk settingan 7210n ke mr3420.

    Bisa pak di bantu cara settingan dari awal yang betul.

    Kalau signal 1 bar itu di test download dan upload dapat 2mbps dan 4 mbps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya Agan memilih mode repeater untuk radio outdoor 7210N.
      Pada menu "Operation Mode", Agan klik "repeater" , survey signal, dan ikuti petunjuknya. Dengan mode ini, Agan akan ping hingga beberapa bar (3/4 bar).
      Jika Agan ingin mengembangkan kembali signal dari radio outdoor ke dalam rumah, gunakanlah router seperti MR3020. Kalo Agan pake MR3420, sebenarnya itu adalah modem router yang fungsinya sedikit berbeda, yaitu dihubungkan dengan kabel ADSL.

      Coba lagi, Gan. Atau sebaiknya ditukar saja 3420nya dengan 3020. Biasanya lebih murah tu!

      Hapus
  81. mas. sorry mau tanya lagh nih sy kn d kasih pin wifi sama majikn terus siyal nya cuman 2 bar terus sy coba pake ALFA awus036h lumayan jadi full bar. tapi tetap kualitas'y sm seperti sinyal bawaan laptop. posisi majikan d lantai 2 sedangkan saya d luar rumah d pojokan bawah. pertanyaan nyh sy mau tembak pake alat TL_WA5210G d sambungkan ke TL-MR3420 supaya bisa conek beberapa pc dn hp d kamar sy. alatnya seperti itu bkn dn apakah bakal menjadi kurang ga kualitas sinyal d lantai 2 majikan kalu sy posisinya seperti itu. sorry mas panjang lebar. terimakasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya dengan 5210G sudah cukup menghubungkan lebih dari 20 perangkat ke internet, bahkan maksimalnya adalah 150 perangkat, Gan. Jadi kalo Agan mau menggabungkan 5210G dengan MR3420, jadi boros tuh. Lalu bandwidth juga terkuras di jalan.

      Kasus Agan itu namanya interferensi, yaitu signal terhambat oleh kerapatan tembok, metal dan benda-benda lain yang menyerap signal internet kita.

      Coba Agan cari tahu, berapa bandwidth yang disewa oleh majikan Agan. Jika beliau menyewa paket 200 ribu/ bulan, lalu beliau sudah memakai 3 perangkat, maka kualitas internet pasti lemot (belum terhitung bandwidth yang habis interferensi). Tapi jika beliau menyewa bandwidth 1 Mbps (350 ribuan), maka signal internet dapat di-share pada 6-7 PC.

      Ane sudah setahun lebih menggunakan 14 unit 5210G. Hasilnya speed memang selalu down sampai 12 dB (padahal speed pabrikannya 54 Mbps). Jadi, gimana kalo Agan berganti dengan 7210N. Speednya 150 Mbps, lho? Jika interferensi setidaknya sampai ke PC Agan 60 Mbps, Gan!

      Ane punya 7210N diletakkan di ketinggian 13 meter dari permukaan tanah. Hasilnya di ground; lumayan dapat 90 Mbps. Tapi yang 5210G pada ketinggian yang sama, hasil di ground; buruk, 10 Mbps!!!!

      Hapus
  82. gan saya mau nnya, saya beli usb wifi card tp-link mr727n, kebetulan dekat rumah saya ada hotspot yang tidak diberi passwrd kurang lebih 1km, kemudian saya membuat antena wajan bolic, tetapi tidak mau jg , gmana ya gan, mohon pencerahannya ya gan...

    BalasHapus
  83. MOHON PENCERAHANNYA
    mas sy punya masalah nie, di kantor sy sdh pasang internet dan menyebarkan lewat wifi TPLINK TL-MR3420 dengan pasword, type kemanan WPA/WPA2-Personal. kebetulan jarak kantor dengan rumah sktar 30m, signal yg didapat tidak cukup kuat, jadi saya membeli TPLink TL-WA5210G, tujuannya saya mau menangkap jaringannya kemudian menyebarkannya skitar rumah.
    sy sdh setting mode AP, Wireless Universal Router, survey dapat 29db. stlah saya save trus IP gnti automatic, gak bisa browsing gan pada PC,
    sy test pake hp dan laptop gak ada signal jg pd TL-WA5210G
    Pertanyaannya :
    1. bagaimana settingan yang tepat
    2. pada saat setting 5210G dimna memasukkan pasword wifiix?

    maksih atas bantuannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5210 nya jangan langsung universal repeater. jadikan mode client dulu gan, kemudian survey dan ambil pancaran sinyal wifi kantor. kemudian di menu wireless security setting, pindah ke wpa2 juga dan masukkan paswot yang sama dengan wifi dikantor. baru deh tambah 1 modem wireless lagi dirumah. Kalau mau langsung tancepin ke laptop juga bisa tapi ga sebarin sinyal wifi

      Hapus
    2. kalau jadikan universal repeater saya jamin tidaknakan bisa agan berselancar karena ane pernah coba. Karena mode universal repeater ga bisa samakan paswot. mau ga mau nambah deh 1 wireless lagi dirumah

      Hapus